Hindari Migren Dengan Pola Hidup Sehat

Hindari Migren Dengan Pola Hidup Sehat

Migren atau sakit kepala sebelah yang datang secara tiba-tiba ternyata dapat dicegah dengan pola hidup sehat. Meskipun banyak obat penangkal migren yang beredar di pasaran, tetapi para ahli menyarankan agar penderita migren tidak menggantungkan diri dengan obat-obatan yang bersifat kimiawi tersebut. Serangan migren yang datang secara mendadak memang sangat menyiksa. Selain konsentrasi menjadi buyar, pada beberapa kasus serangan migren juga dibarengi dengan mual dan muntah. Sebuah fakta yang cukup mengejutkan mengatakan bahwa wanita yang berumah tangga memiliki kemungkinan terserang migren dua kali lipat lebih besar dibandingkan wanita lanjang. Pasalnya beberapa faktor yang diduga kuat dapat menjadi penyebab migren adalah stres, makanan dan hormon. Oleh sebab itu sedari dini hindarilah segala bentuk stres baik di lingkungan kerja ataupun lingkungan rumah tangga.

Berikut ini adalah cara menghindari migren yang bisa Anda terapkan:

Istirahat di ruang tenang
Penderita migren biasanya sensitif terhadap cahaya, oleh karena itu hindarilah tempat yang kelewat ramai dan terang untuk berisitirahat.

Tidur cukup
Usahakan untuk tidur delapan jam. Kurangnya waktu tidur dan juga tidur dalam keadaan tidak nyenyak akibat terlalu banyak pikiran dapat memicu terjadinya serangan migren.

Pola makan sehat
Beberapa jenis makanan seperti keju dan cokelat dapat merangsang timbulnya migren. Oleh karena itu pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serat hindari cemilan yang tidak menyehatkan.

Olahraga
Selain tentunya dapat membuat badan menjadi bugar, dengan olahraga yang teratur tubuh kita akan terlatih untuk mengontrol rasa cemas dan depresi yang merupakan dua faktor penyebab migren.

Manajemen stres
Stres dan migren merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Oleh sebab itu meskipun permasalahan datang silih berganti, biasakanlah sikap sabar dan terbuka agar Anda tidak dihinggapi stres berkepanjangan.

Tentu Anda tidak ingin urusan Anda baik di kantor maupun di rumah berantakan karena migren yang menyiksa itu kan? Mulai sekarang biasakan diri Anda hidup dengan sehat dan berpikirlah secara positif. Selamat Mencoba!

0 comments: