Insomnia ( tidak bisa tidur )

Insomnia ( tidak bisa tidur )

Bisa tidur, dan tidur nyenyak, memang baik sekali bagi kesehatan tubuh, baik secara spirit maupun jamani. Tapi bagi orang yang susah tidur untuk jangka waktu panjang, akan berdampak buruk pada semua ritme kehidupannya.

Memang pada saat tubuh kita sedang panas ( tapi bukan sakit panas ) panas paru parunya, di mana bibir kita memerah, pasti akan berdampak susah tidur. Nah cara mengatasinya agak mudah, yaitu minum sedikit wedang jahe, membuang rasa dingin keluar dari tubuh, maka panas paru paru akan lenyap. Tapi keadaan susah tidur ini hanya muncul kadang kadang saja dan bukan yang selalu menghantui anda sehari hari.

Tubuh kita kalau terlalu panas, juga sering muncul keadaan paru paru panas, dan saat seperti ini kita harus memadamkannya. Dan panas paru paru ini muncul akibat kita terlalu stress atau sedang marah, dan untuk menghilangkannya, kita harus menghilangkan faktor stressnya dulu. Memperbaiki secara jangka pendek, bisa dilakukan dengan merendam kaki kita dalam air panas, agar panas bisa keluar melalui kaki kita.

Kadang susah tidur muncul karena kita sering melawan kehendak tubuh, misalnya, siang hari, tubuh ingin tidur sebentar, tapi kita lawan. Maka akibatnya di malam hari kita susah tidur. Dan kalau terlalu sering kita lawan, maka akan muncul rasa panas di dalam tubuh. Dan semakin panas, semakin sulitlah kita tidur. Jadi teorinya sederhana, saat tubuh anda ingin tidur, anda melarang tubuh untuk tidur, saat anda ingin tidur,
tubuh anda sudah tidak pengin tidur. Memang pada dasarnya, ini bukan penyakit, karena merupakan sebab akibat saja dalam reaksi tubuh.

Cara yang mudah untuk mengobatinya adalah, biarkan tubuh anda, artinya, tidur kapan saja mau, kalau tidak mau ya jangan tidur, dan keadaan ini kalau sudah berlangsung 2 pekan, tubuh anda mungkin sudah mulai jinak. Ini adalah salah satu terapi alami untuk menidurkan tubuh kita yang letih. Tetapi untuk menjalankannya tidak mudah, karena otak kita sering mengontrol lebih ketat, dan tidak mudah mendengarkan suara suara
semacam ini, jadi tidak mudah dipraktekkan sebenarnya. Jadi ini adalah terapi alami yang paling sulit untuk dilaksanakan.

Teorinya sama dengan pola makan, kalau terbiasa dengan pola makan salah, untuk membetulkannya agak susah dalam jangka waktu pendek.

Jadi kalau penyebab susah tidur itu adalah karena isi hati, ini sangat sulit, dan harus menyelesaikan dulu masalah hati. Dan ini tiada obatnya.

Nah kalau melulu soal kesalahan pola makan maka dengarkan baik baik laporan berikut ini.

Insomnia atau susah tidur bisa diperbaiki melalui pola menu makan, dan juga nutrisi yang dikonsumsi, selain itu juga harus dicari bilang penyebabnya, baru bisa diatasi dengan baik !

Bagi orang yang gampang tidur, yaitu begitu tergeletak di ranjang, atau ketemu bantal guling, langsung bisa ngorok, tentu sulit membayangkan kesengsaraan orang yang susah tidur. Dan tidak tau bahwa susah tidur bisa mendatangkan banyak dampak seperti, denyut jantung yang tidak teratur, kepala pening mumet, dan kadang bisa diare atau bahkan sebaliknya sembelit.

Selain itu, juga akan dibarengi oleh konsentrasi yang terpencar, lesu, mudah marah.

Sebenarnya banyak penyebab susah tidur : asma, gula darah rendah, pencernaan yang buruk, menopaouse ( ini faktor psikologis ), atau mudah panik, stress. Demikian pula ada beberapa jenis obat-obatan bisa menciptakan penyakit susah tidur, misalnya, obat-obatan anti hamil berupa pil anti hamil, cairan semprotan untuk asma. Lingkungan yang terlalu ramai, ada sinar yang terlalu silau juga menciptakan penyakit ini. Kalau kebanyakan cafein juga bisa membuat anda susah tidur pula. Apalagi kalau tubuh kita kekurangan calsium dan magnesium, maka tubuh kita memang mudah tidur, tapi hanya nyenyak beberapa jam, kemudian terbangun, dan tidak bisa tidur lagi, dan keadaan ini sangat sengsara sekali.

Bagaimana kiatnya ? apakah kita harus sengsara terus ? Tampaknya ada beberapa cara mudah mengatasinya, misalnya : mempunyai kebiasaan tidur pada jam jam yang sama, artinya bangun dan tidur pada jam yang sama, dan mempertahankan kebiasaan berolah raga yang rutin. Sedangkan untuk makanan, kalau sudah sore, jangan minum kopi atau minuman ringan seperti coca cola dll bahkan minuman alkohol, dan juga harus berhenti merokok.

Selain itu sedapat mungkin mengonsumsi makanan sehat, dan menghindari makanan yang sudah diproses seperti, ham, sosis, makanan kalengan atau makanan yang sudah diasinkan, makanan ber yeast, cheese, coklat, akan merangsang adrenaline kita, membuat otak kita sangat segar dan membuat kita tidak mau tidur. Demikian pula, bawang putih, cabe yang pedas pedas, juga dilarang.

Nah, sekarang tinggal bagaimana kita mengatur lingkungan hidup kita yang nyaman, hindari sinar keras yang silau, hindari suara bising, dan apabila bisa, sebelum tidur, mandi rendaman dalam air hangat, ini akan membantu kita untuk tidur karena peredaran darah sangat lancar.

Dari semua tips ini, kalau sudah dijalani, masih tetap susah tidur, maka harus segera berobat ke dokter.

Penyakit susah tidur bisa agar teratasi kadang membutuhkan tambahan vitamin dan mineral, dan beberapa jenis yang saya perkenalkan ini bisa dijadikan referensi dan belum tentu cocok untuk semua orang. Jadi sekedar tambahan pengetahuan saja!

-vit. B complex , karena kandungan dalam B complex seperti B1, B6, B12, niacin dan unsur2 biologi lain yang semuanya akan menjadi bahan untuk meredakan syarat dan otot kita yang tegang. Tetapi jika digunakan secara tersendiri, tidak akan mendatangkan hasil optimal, karena vit. B complex harus dipakai secara bersamaan, dan ini akan
mengoptimalkan emosional pemakainya.

-Vit. E. bisa memperbaiki sifat resah, tidak tenang dan sifat mudah panik, vit. E bisa membuat hati tenang, membuat pemakainya bisa tidur nyenyak. ( tapi tentu saja jika anda diperbolehkan dokter mengonsumsi vit. E, karena tidak semua orang boleh )

-Magnesium. : bisa memperbaiki kondisi yang stress dan tidak tenang, juga bisa membuat relax dan tidur nyenyak. Jika dikombinasi dengan Calsium, bisa mempercepat tidur kita. Ajaib bukan ?

-Calsium. Ini merupakan obat penenang alamiah, karena bisa membuat syaraf kita tenang, dan bisa meredakan stress. Pada saat mengonsumsi calsium, juga alangkah baiknya dibarengi dengan vit. C. dan ini akan mempercepat tubuh menyerap calsium.

Nah, meskipun beberapa jenis vitamin tadi menguntungkan kita untuk tidur nyenyak, tapi kita masih harus ingat betul, bagaimana kondisi tubuh kita yang sebenarnya ? apakah layak mengonsumsinya, apakah cocok dengan kesehatan kita yang berbeda beda, karena vit ini cocok buatnya, belum tentu cocok untuk kita bukan ? maka jangan membabi buta dalam mengikuti arus.

Ada sesuatu yang sangat penting diketahui:

1. seseorang kekurangan mineral seperti tembaga dan besi juga bisa susah tidur. Ada riset menunjukkan, jika kekurangan dua elemen ini, mungkin akan menimbulkan insomnia atau penyakit kurang tidur, maka diusulkan alangkah baiknya anda memeriksakan diri ke RS, yaitu mengetest dari rambut anda, untuk memastikan apakah anda benar benar kekurangan kedua zat mineral ini.

2. sering seringlah makan makanan yang mengandung asam amino tinggi: karena bisa meredakan aktivitas urat syaraf kita, menghilangkan unsur-unsur penyebab stress, dan ini bisa meningkatkan kwalitas tidur manusia, maka teman teman yang susah tidur mungkin bisa mencobanya makanan yang bagus untuk banyak dikonsumsi :

1. memakan makanan bergula dimakan bersama makanan berkadar asam amino: ini sangat membantu orang yang sulit tidur, jadi misalnya : makan kue kering dulu, lama minum susu !

2. memakan makanan berserat tinggi : misalny biji bijian yang belum diproses alias masih utuh, kacang, kedelai dan wheat germ yaitu benih gandum.

3. sayur-sayuran : bayam, kubis, kangkung, brokoli sayur-sayuran hijau, jadi dari penyerapan nutrisi makanan ini, bisa membuat tubuh melakukan tindakan preventif terhadap sakit susah tidur.

4. selain semua 3 faktor tadi, anda juga boleh sering banyak banyak makan buah seperti, pisang, grape fruit; atau makanan susu seperti yoghurt, mentega, lalu buah fig dan roti gandum ksar juga bisa membantu, maka anda bisa mencobanya satu persatu mana yang paling cocok.

0 comments: