Seimbangkan Antara Kerja Dan Keluarga

Seimbangkan Antara Kerja Dan Keluarga

Kesibukan bekerja membuat kita kerap kali melupakan sisi lain dari kehidupan kita, seperti keluarga. Tapi ada cara yang dapat kita tempuh untuk menciptakan keseimbangan yang sehat dalam kedua kehidupan ini.

1. Baca 16 rancangan tujuan dan tanyakan pada diri sendiri apa yang benar-benar Anda inginkan. Untuk menciptakan kehidupan yang Anda inginkan, pertama-tama definisikan apa yang paling penting bagi Anda, lalu bangun sebuah rencana yang dapat membantu Anda membuat prioritas dan juga menyeimbangkannya.

2. Hitung kebutuhan keuangan Anda untuk melihat apakah Anda atau istri dapat mengurangi jam kerja.

3. Cari tahu apa Anda bisa melakukan telekomunikasi, berbagi pekerjaan atau membuat jadwal part time dengan rekan kerja.

4. Buat peringatan Anda tidak bisa diganggu saat di tempat kerja atau di rumah. Biarkan keluarga dan teman kerja Anda mengetahui batas-batas yang Anda tetapkan. Dengan batasan yang jelas, Anda akan dapat bekerja dengan lebih efektif. Saat waktu kerja habis, fokuskan waktu untuk keluarga.

5. Belajarlah menghentikan putaran aktivitas. Matikan komputer pada pukul 17.30. Jangan lakukan tugas tambahan di saat waktu makan malam, jadi Anda bisa fokus pada anak dan keluarga. Buat zona waktu, tidak ada telepon pada pukul 18.00 hingga 20.00.

6. Tinggalkan kekacauan pada tempatnya. Siapkan jadwal perbaikan di rumah dan bertahan lah pada itu. Buat jadwal bersih-bersih rumah tiap seminggu sekali.

7. Buat jadwal aktivitas untuk keluarga. Latihan, pelajaran dan club akan membuat jadwal setiap orang penuh dan tertekan. Jadi beri kelonggaran untuk merancang jadwal ulang dan mencari waktu luang.

8. Gunakan akhir minggu sebagai saat membuat perubahan. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang waktu, ganti lah suasana dengan bersepeda, berkebun atau jalan-jalan di taman dekat rumah.

9. Luangkan waktu khusus untuk diri sendiri. Buat perjanjian dengan pasangan Anda untuk satu hari waktu bagi diri sendiri. Temui teman Anda dan bersenang-senang lah.

10. Periksa kembali daftar Anda tiap enam bulan. Tinjau tujuan dan prioritas Anda. Teruskan untuk menimbang-nimbang soal keinginan, komitmen dan tanggung jawab hingga Anda menemukan keseimbangan pada semuanya.

0 comments: