Delegasikan Tugas Dengan Efektif, Tuntaskan Proyek Dengan Sukses

Delegasikan Tugas Dengan Efektif, Tuntaskan Proyek Dengan Sukses

Mendelegasikan tugas secara efektif merupakan sesuatu yang penting untuk mencapai sukses dalam bisnis atau dalam menjalankan perusahaan. Saat Anda mulai menyadari tidak bisa lagi melakukan segala sesuatunya sendiri, maka tiba saatnya berbagi tugas. Tunggu sampai Anda melihat apa yang bisa Anda dapat dengan bantuan orang lain.

1. Buat sebuah daftar semua pekerjaan yang harus diselesaikan. Sebuah daftar akan membantu Anda melihat berapa banyak yang perlu dikerjakan.

2. Kelompok kan pekerjaan dengan menyesuaikan dengan tanggal. Mulai dengan pekerjaan yang harus diselesaikan pertama dan akhiri dengan yang masih perlu waktu lama.

3. Memperkirakan kemampuan orang-orang yang membantu dalam proyek ini. Memahami ketrampilan setiap orang sebagai bagian dari aset merupakan hal penting dalam efektifitas pendelegasian tugas.

4. Berikan tugas sesuai dengan ketrampilan dan ketertarikan masing-masing. Berikan pekerjaan sesuai dengan yang disukai dan dinikmati sehingga dapat membawa hasil lebih baik.

5. Buat jelas dengan apa yang harus dikerjakan. Komunikasikan secara verbal dan tertulis. Berikan penjelasan yang spesifik kalau memang itu perlu. Beri kebebasan pada tiap-tiap orang untuk menyelesaikan tugas dengan cara masing-masing.

6. Rayakan setiap kali proyek berhasil diselesaikan dengan sukses. Dorongan ini penting untuk memberikan motivasi di proyek berikutnya. Kalau memang perlu, berikan kritikan, tapi lakukan secara pribadi.

0 comments: