Minum Teh Yuk ...

Saat dihadapkan dengan tradisi minum teh, bayangan kita akan selalu mengarah pada negara Jepang atau China atau bahkan Inggris yang memiliki tradisi minum teh sebagai sebuah ritual atau untuk mengisi waktu luang. Ironis sekali kegiatan ini tidak terlalu populer di Indonesia, padahal negara kita dikenal sebagai salah satu penghasil teh terbesar di dunia. Mungkin karena belum banyak yang mengetahui manfaatnya yang seabrek. Sebenarnya, apa saja sih manfaat teh untuk tubuh kita?
Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Telah dibuktikan oleh para ahli jika teh amat hebat dalam membersihkan darah dan memperlancar proses pengangkutan oksigen di dalam darah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda ditunjukkan jika seseorang meminum dua hingga tiga cangkir teh tiap hari, maka dia akan memiliki resiko terkena serangan jantung lebih kecil daripada orang yang tidak minum teh sama sekali.

Mencegah Penyakit Kanker dan Diabetes

Kandungan zat polyphenol yang ada di dalam teh dipercaya dapat menghambat terjadinya mutasi sel kanker. Zat tersebut juga menetralisir radikal bebas sehingga daya tahan tubuh kita meningkat. Kadar gula dalam darah juga bisa diturunkan oleh kandungan dalam teh hitam. Teh hitam ini juga meningkatkan kadar insulin sehingga mencegah penyakit diabetes.

Menguatkan Tulang + Gigi

Ternyata bukan cuma susu yang bisa menguatkan tulang, teh pun bisa mencegah tulang agar tidak cepat rapuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang baru-baru ini menunjukkan jika seseorang yang meminum teh dengan rutin selama 10 tahun akan memiliki tulang yang kuat. Thanks to zat phytochemical yang terkandung dalam teh. Tak hanya tulang, tetapi juga gigi kita. Kandungan flouride yang cukup tinggi di dalam teh bisa mencegah timbulnya karang gigi dan membuat gigi kita lebih kuat. Sebaiknya, kita meminum teh tanpa menggunakan gula.

Mengurangi Sakit Gusi

Selain menguatkan tulang dan gigi, teh juga bisa membantu mengurangi sakit gusi. Caranya, kompreskan saja gusi dengan kantong teh yang dibasahi dengan air dingin. Rasakan saja beberapa saat kemudian, pasti rasa sakit di gusi akan berkurang.

Menyegarkan Badan

Kandungan kafein teh yang tidak terlalu tinggi membuat tubuh kita tidak mudah sakit kepala dan susah tidur. Jadi, tubuh kita bisa jadi lebih segar setelah mengonsumsinya.

Awet Muda + Nggak Bikin Gemuk

Antioksidan yang terkandung di dalam teh merupakan sebuah kandungan penting yang bisa melindungi tubuh dari polusi. Dengan begitu, tubuh kita akan terhindar dari penuaan dini. Plus lagi, karena teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh, maka minum teh tidak akan membuat badan kita melar alias menggemuk.

Jadi, masih ogah-ogahan minum teh? (kpl/cc/npy)

0 comments: